Macam-Macam Ukuran Kabel Listrik dan Fungsinya

Listrik merupakan kebutuhan utama yang mendukung aktivitas dalam berbagai aspek, Ukuran kabel listrik pun berbeda tergantung pada tujuan dan fungsinya. Agar berfungsi, listrik membutuhkan media untuk menyalurkan daya yakni menggunakan kabel dan mengantarkan listrik dengan …

Ukuran Kabel Listrik

Listrik merupakan kebutuhan utama yang mendukung aktivitas dalam berbagai aspek, Ukuran kabel listrik pun berbeda tergantung pada tujuan dan fungsinya. Agar berfungsi, listrik membutuhkan media untuk menyalurkan daya yakni menggunakan kabel dan mengantarkan listrik dengan baik.

Seperti diketahui, listrik juga memiliki tingkat tegangan berbeda, mulai dari tinggi hingga rendah. Kondisi inilah yang akan disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan. Sebagian dibentuk 2 mm hingga 2 mm pada jenis inti tunggal atau serabut.

Ukuran Kabel Listrik

Ukuran Kabel Listrik dan Fungsinya

Setidaknya terdapat 10 ukuran kabel listrik yang dibedakan berdasarkan fungsinya masing-masing. Berikut ini penjabarannya:

Kabel NYM

NYM juga merupakan jenis kabel yang sering digunakan untuk rumah tangga sampai gedung bertingkat seperti apartemen. Intinya lebih dari satu antara 2 hingga 4 berdasarkan kebutuhan pengguna. Ukurannya pun juga berbeda mulai dar 2 x 4 mm hingga 4 x 4 mm. Ukuran ditentukan berdasarkan banyaknya inti yang diinginkan.

Soal material, konduktor kabel NYM berasal dari bahan tembaga berbeda dengan isolator yang terbuat dari PVC. Type kabel yang satu ini wajib dilapisi menggunakan isolasi khusus PVC, khususnya untuk ukuran lebih besar, apa sih tujuannya? Yakni agar menyatukan tiap-tiap inti terpisah. Untuk penempatan, kabel NYM sangat disarankan di bagian dalam rumah atau indoor dan hindari outdoor seperti taman.

Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO adalah salah satu jenis kabel untuk keperluan rumah tangga, sehingga kapasitasnya terbilang standar. Kekuatannya hanya mampu menahan tegangan rendah sehingga tidak bisa digunakan pada bangunan besar. Kualitas material biasa berbeda, semakin baik maka semakin tinggi pula harga yang diberikan.

Untuk ukuran per kabel sebesar 3 x 2,5 mm, biasa digunakan untuk kabel audio, video, kabel radio hingga kabel speaker. NYMHYO adalah jenis kabel standar untuk banyak alat elektronik kecil dan terbuat dari tembaga murni, meski beberapa juga membuatnya dari tembaga campuran.

Kabel NYY

Ukuran kabel NYY serupa dengan NYM yakni kisaran 2 x 4 mm hingga 4 x 4 mm dan digunakan khusus sebagai instalasi tertanam. Seperti fungsinya, kabel ini mesti diletakkan di bawah dana karena memiliki perlindungan dan material memadai. Bahannya sendiri terbuat dari isolasi yang tak akan digigit tikus. Karena itulah NYY tidak mudah rusak, kemasukan air dan bertahan lama.

Bagi Anda yang membutuhkan aliran listrik di luar rumah seperti lampu taman, kebun mini, kabel NYY adalah yang paling direkomendasikan. Melihat daya tahan dan keamanannya, jenis kabel ini tentu lebih mahal dari jenis lain. Untuk warna tidak memiliki banyak variasi, hanya hitam karena memang diletakkan di bawah tanah.

Kabel NYA

Kabel NYA umum digunakan untuk instalasi rumah perumahan atau kawasan padat penduduk. Ukurannya pun bervariasi mulai dari 1,5 mm hingga 2,5 mm, perbedaannya terletak pada inti tunggal. Isian kabel sendiri berasal dari material tembaga dengan penutup isolasi berwarna Polivinil Klorida (PVC).

Variasi warna ini akan disesuaikan dengan kebutuhan seperti merah, hitam, biru hingga kuning. Ini adalah jenis kabel paling laris di pasar karena tak hanya murah tapi juga memiliki kualitas yang menjanjikan. Hanya saja, kekurangannya terletak pada lapisan yang tipis sehingga mudah rusak saat digigit tikus.

Kabel NYMHY

Masih dari kabel instalasi rumah tangga, NYMHY cukup fleksibel dan sangat mudah menjangkau area yang dipenuhi belokan. Jenisnya umum digunakan pada dinding hingga atap rumah. Menggunakan inti kabel serabut, NYMHY memiliki ukuran 2 x 1,5 mm dengan isolasi PVC dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kendati demikian, tak semua rumah bisa menggunakan jenis yang satu ini karena dibekali tegangan kurang dari 900 watt. Kapasitasnya kecil sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga lebih dulu.

Kabel NYAF

NYAF adalah jenis kabel dengan bentuk inti tidak tunggal, tetapi serabut yang terbuat dari tembaga murni. Kendati demikian, ada juga beberapa jenis NYAF yang dibuat dari tembaga campuran. Bentuk serabutnya cukup halus serta sangat fleksibel, sehingga sesuai jika digunakan di kawasan dengan banyak belokan tajam.

Variasi warnanya isolasi cukup banyak dengan ukuran 2,5 mm, kendati cuma mempunyai isolasi tunggal yang tipis. Oleh karena itu, pemasangannya lebih baik jika menggunakan pipa tambahan. Perlu diingat jika kabel ini tidak boleh diletakkan pada dasar yang lembab dan basah karena akan cepat merusak dan berisiko.

Kabel NYBY

NYBY adalah salah satu jenis kabel yang cukup kuat soal isolasi, sehingga umum digunakan sebagai kabel tanam layaknya kabel NYY. Selain itu, Anda tidak perlu memberikan isolasi tambahan lantaran materialnya yang dijamin kuat dan lebih tahan lama. Meski begitu, jenis ini tidal boleh diletakkan di jalan raya karena akan memberi tekanan besar.

Penggunaan NYBY setidaknya harus menambahkan pipa PVC supaya bisa terlindungi dengan baik. Diameternya cukup dengan 2,5 mm sementara ukuran dan tutup isolasi sebesar 2 x 4 mm sampai 4x 4 mm. Ketahanan NYBY bisa membuatnya diletakkan hingga kedalaman 80 cm atau 0,8 meter.

Kabel NYCY

Keunggulan jenis kabel NYCY juga terletak pada material dan daya tahannya. Tipe ini bahkan cocok pada cuaca ekstrem yang berganti. Bagaimana tidak, NYCY diberikan beberapa lapis isolasi PVC yang membuatnya unggul dari berbagai sisi. Terdapat setidaknya empat lapis PVC guna melindungi seluruh konduktor.

Empat lapis isolasi tersebut di antaranya metallic screen, conductor screen, insulation serta outer sheathed. Ukurannya mencapai 4 x 4 mm dan dirancang dengan berbagai kondisi seperti dalam ruangan, kabel tanam hingga alam terbuka dengan berbagai perubahan suhu. Kabel NCYC sangat fleksibel karena pelindungnya, namun untuk outdoor lebih baik menggunakan tambahan pita CU kabel.

Kabel BC

Kabel BC kerap disebut sebagai kabel penangkal petir. Memang, jenis kabel ini mempunyai kekuatan untuk menahan tegangan hingga 500 volt. Ukurannya pun beragam mulai dari kecil yakni 6 mm dan besar yakni 500 mm berdasarkan kebutuhan penggunaannya. Sistem konduktor dibentuk unik karena bisa menghantarkan listrik menggunakan pilinan kabel.

Pilinan tersebutlah yang membuat BC menjadi salah satu jenis kabel yang sangat kuat dan tak mudah putus. Untuk fungsi, kabel ini umum digunakan pada proyek pembangunan besar seperti gedung perkantoran tinggi dan sejenisnya.

Kabel AAAC

Kabel AAAC memiliki kelebihan dari sisi daya tahannya yang cukup kuat. Itu karena jenis kabel ini  dibuat dari sejumlah bahan campuran logam, aluminium silikon hingga magnesium sehingga tidak mudah rusak dan berkarat. Ukurannya standar yakni 2,5 mm sampai 500 mm, dan bisa disesuaikan tergantung banyak tidaknya campuran logam yang digunakan.

Itulah berbagai macam ukuran kabel listrik dan fungsinya yang bisa dikenali. Dalam pembangunan maupun renovasi, komponen pendukung ini perlu dipahami agar bisa memenuhi kebutuhan listrik, keamanan hingga efisiensi biaya.

Semoga artikel ini bermanfaat, Baca juga artikel tentang Tips memilih keramik dinding teras dan rekomendasi warna cat rumah minimalis di e tabloid kreasi rumah.