E-Mail Marketing Software: Perbandingan dan Penilaian Terbaik
Salam kepada Sobat Canggih
E-mail marketing merupakan upaya penting dalam strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menghasilkan penjualan. Terdapat banyak platform e-mail marketing yang tersedia di pasaran, namun bagaimana Sobat Canggih bisa menentukan yang menjadi pilihan terbaik?
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa perbandingan dan penilaian terbaik di antara platform e-mail marketing yang tersedia saat ini.
Pendahuluan
Pada era teknologi seperti saat ini, hampir setiap bisnis perlu memiliki strategi pemasaran digital untuk dapat bersaing di pasar yang semakin ketat. Salah satu cara yang efektif untuk memperluas jaringan pelanggan dan meningkatkan penjualan adalah melalui e-mail marketing.
E-mail marketing bertujuan untuk mengirimkan e-mail yang menarik dan informatif kepada pelanggan yang sudah ada atau potensial. Namun, prosesnya dapat memerlukan banyak waktu dan upaya, khususnya jika dikerjakan secara manual. Inilah kenapa platform e-mail marketing dibutuhkan.
Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai platform e-mail marketing yang tersedia di pasaran, kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta evaluasi dan perbandingannya.
Kelebihan Data
1. Memiliki Beragam Pilihan Platform
Terdapat banyak sekali platform e-mail marketing yang tersedia mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Keberagaman platform ini memungkinkan Anda untuk memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda.
2. Meningkatkan Jangkauan Pelanggan
Dengan e-mail marketing, Anda dapat mengirimkan pesan langsung ke kotak masuk pelanggan, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan pembukaan dan respons e-mail Anda. Selain itu, Anda bisa memperluas jangkauan pelanggan Anda, karena meskipun pelanggan Anda tidak membeli produk Anda pada saat ini, mereka bisa mempertimbangkan untuk membeli di kemudian hari.
3. Lebih Efektif dan Efisien
Melakukan e-mail marketing dapat lebih efektif dan efisien dalam hal biaya jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, seperti brosur atau spanduk. Selain itu, platform e-mail marketing memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan secara otomatis dan terjadwal sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.
4. Terjadi Peningkatan Penjualan
E-mail marketing dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. Dalam setiap pesan yang Anda kirimkan, Anda bisa menambahkan tautan ke halaman produk atau jasa yang memungkinkan pengguna langsung melakukan pembelian atau mengetahui lebih detail tentang produk atau jasa yang di tawarkan.
5. Terdapat Aspek Analitik
Platform e-mail marketing biasanya dilengkapi dengan fitur analitik yang memungkinkan Anda untuk mengetahui efektifitas kampanye yang dikirimkan. Sudahkah jumlah e-mail yang terkirim pada pelanggan? Berapa e-mail yang membuka e-mail Anda? Berapa e-mail yang langsung melakukan pembelian setelah membuka dan menggunakan e-mail marketing yang Anda gunakan? Analitik dapat membantu Anda melakukan pemantauan dan mempertimbangkan strategi terbaik untuk mengoptimalkan kampanye e-mail marketing Anda.
6. Dapat Dilakukan Secara Konsisten
E-mail marketing dapat dilakukan secara konsisten dengan pesan yang sama atau pesan terjadwal yang berbeda-beda. Beberapa platform e-mail marketing bahkan memberikan fitur automation, yaitu membuat pesan secara otomatis di beberapa waktu yang telah ditentukan. Dengan fitur seperti ini, Anda dapat membuat para pelanggan Anda tetap tertarik dan menjadi langganan berlangganan di e-mail kamu.
7. Dapat Dikustomisasi Sesuai Target Pasar
Setiap target pasar bisa memiliki kebutuhan yang berbeda. Dalam hal ini, e-mail marketing telah memberikan kemudahan dalam melakukan personalisasi konten sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Berita atau pesan ucap tahun baru bisa dikirim secara khusus oleh pengguna dengan selaras dengan momen pergantian tahun.
Namun, platform e-mail marketing juga memiliki kelemahan yang perlu diingat sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.
Kekurangan Data
1. Biaya
Beberapa platform e-mail marketing yang bagus bisa sangat mahal dan kadang-kadang membutuhkan kontrak untuk menggunakan perangkat lunak mereka selama jangka waktu tertentu.
2. Terlalu Banyak Pesan
Dalam usaha untuk menjangkau pelanggan, tinjauan e-mail terkadang bisa menjadi kelebihan. Jika tidak dilakukan dengan tepat, e-mail marketing bisa terkesan seperti spam atau pesan promo yang berlebihan.
3. Penggunaan Memebership List
Tidak semua pelanggan yang menerima e-mail marketing anda merupakan pelanggan yang sudah memberikan persetujuan atau persetujuan pribadi dalam penggunaan dan pengumpulan data mereka. Dalam hal ini, pemilik usaha diharapkan memperhatikan hak privasi pelanggan tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan data.
4. Ketergantungan Pada Pihak Ketiga
Dalam hal platform e-mail marketing, semua data pelanggan Anda yang terhubung ke platform Anda disimpan pada server pihak ketiga. Berarti, data Anda tersimpan di titik lain (cloud) dan masih memerlukan server terpisah(anggaplah perusahaan menyewa layanan dari penyedia layanan) untuk memproses e-mail dari pelanggan atau calon pelanggan Anda. Kondisi ini memerlukan ketergantungan pada pihak ketiga dan jika penyedia layanan tidak handal dan mengalami masalah, maka e-mail marketing Anda pun dapat terganggu atau tidak terproses.
5. Tingkat Konversi
Sementara e-mail marketing dapat membantu meningkatkan penjualan, tingkat konversi dalam e-mail marketing cukup rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat konversi rata-rata e-mail marketing hanya sekitar 2-3% saja.
6. Bukan Satu-Satunya Pilihan Marketing
Hal terakhir yang penting untuk diingat yaitu e-mail marketing bukanlah satu-satunya pilihan yang efektif dalam strategi marketing Anda. Ada banyak cara lain dalam pemasaran digital, seperti iklan di media sosial, PPC, SEO, dan lain-lain.
7. Keamanan Email
E-mail memiliki dua sisi mata uang yang kondisinya harus di maintance agar tidak mempengaruhi seluruh proses bisnis pada perusahaan, dimana ada aspek e-delivery seperti spam yang merugikan event bisnis Anda, dan aspek keamanan email (seperti “phishing” dan serangan yang berkaitan dengan spam). Oleh karena itu, perubahan email seperti mengirim email yang terenkripsi bisa menjadi teknologi yang harus ditingkatkan dan digunakan.
Tabel Perbandingan E-Mail Marketing Software
No. | Nama E-Mail Marketing | Kelebihan | Kekurangan |
---|---|---|---|
1. | Mailchimp | Gratis hingga 2.000 pelanggan dan 10.000 email per bulan | Komponen analitik platformnya tidak begitu akurat seperti platform lain |
2. | Campaign Monitor | Desainer drag-and-drop yang mudah digunakan dan canggih | Harga yang tinggi dan kurangnya integrasi kesesuaian penyaringan untuk pelanggan. |
3. | AWeber | Memiliki fitur autoresponder yang mudah digunakan | Tidak memiliki fitur segmentasi data yang kuat. |
4. | GetResponse | Fitur blacklisting untuk adanya e-mail yang berpotensi spam | Intergrasi Analytics kurang memadai |
5. | Infusionsoft: | Menyediakan sistem pengelolaan pengguna yang mengoptimalkan penjualan | Memiliki harga yang sangat mahal dibandingkan software e-mail marketing lainnya. |
FAQ
1. Bisakah saya menggunakan software e-mail marketing gratis?
Jawaban: Ya, ada banyak platform e-mail marketing gratis, seperti Mailchimp, sendinblue, Sendy, dll. Namun, jika Anda ingin fitur lengkap dan terintegrasi, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk membayar versi lengkapnya.
2. Berapa biaya rata-rata untuk software e-mail marketing?
Jawaban: Biaya software e-mail marketing tergantung pada pilihan fitur yang diberikan. Beberapa platform e-mail marketing gratis atau memiliki biaya terjangkau (mulai dari $20 / bulan) sementara yang lebih canggih dapat membayar ribuan dolar per bulan.
3. Siapa yang harus saya targetkan dalam e-mail marketing?
Jawaban: Salah satu cara terbaik untuk melakukan targeting dalam e-mail marketing adalah membuat daftar e-mail pelanggan terdaftar, dan membagi daftar dari calon pelanggan menjadi beberapa kelompok untuk iklan yang berbeda.
4. Bagaimana cara menjadi efektif dalam e-mail marketing?
Jawaban: Pastikan ke e-mail yang dikirimkan adalah menarik dan relevan dengan mengembangkan strategi pengiriman e-mail yang lebih kreatif.
5. Apa yang harus saya lakukan jika e-mail marketing saya tidak memiliki respons yang baik?
Jawaban: Pada umumnya, masalah e-mail marketing terkait dengan kualitas daftar pelanggan. Mungkin daftar pelanggan Anda tidak disegmentasi dengan tepat atau berkualitas buruk. Anda dapat melakukan evaluasi ulang daftar pelanggan dan memastikan bahwa Anda mengirimkan e-mail yang relevan dan menarik.
6. Bagaimana saya bisa mengukur keberhasilan kampanye e-mail marketing saya?
Jawaban: Platform e-mail marketing biasanya dilengkapi dengan fitur analitik yang memungkinkan Anda untuk mengetahui efektivitas e-mail marketing. Anda bisa mengetahui jumlah pengiriman e-mail, jumlah yang dibuka, dan jumlah klik pada tautan di dalam tombol.
7. Seberapa sering saya harus mengirim e-mail marketing?
Jawaban: Tingkat pengiriman e-mail marketing tergantung pada kebutuhan, jangan terlalu sering namun juga jangan terlalu jarang, usahakan memberi ruang waktu maksimal 2 minggu antar pengiriman.
Kesimpulan
Dari perbandingan dan penilaian jurnalistik kami, dapat disimpulkan bahwa tidak ada satu platform e-mail marketing yang cukup menang untuk memenuhi semua kebutuhan yang individu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing platform.
Sebelum Anda memilih platform e-mail marketing yang terbaik, pastikan untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda dan mempertimbangkan kelebihan yang harus dimiliki, begitupula dengan kekurangan yang dapat diatasi.
Anda membuat kesalahan menetapkan platform e-mail marketing yang digunakan, dapat mengakibatkan hilangnya kesempatan baik dalam hal meningkatkan pemesanan, mendapatkan pelanggan baru dan ikatan bisnis baru.
Aksi
Dengan memilih platform e-mail marketing yang sesuai dan mengevaluasi strategi marketing Anda, Anda bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemasaran Anda. Salah satu alat yang berguna untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan pelanggan Anda adalah e-mail marketing.
Terima Kasih Banyak atas perhatian Sobat Canggih atas informasi yang telah kami sampaikan. Demikian info yang dikumpulkan dan disajikan dalam Artikel ini. Mohon maaf bila masih ada kekurangan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Sobat Canggih dalam memilih platform e-mail marketing yang tepat.
Ready to optimize your link profile for success? Tap this link to leverage the top-notch backlink optimization solutions on Fiverr and propel your website to new heights of credibility and visibility!