10 Contoh Email Blast yang Terbukti Efektif (Dengan Data Tingkat Buka dan Klik)
Sobat Canggih, apa itu Email Blast?
Sebagai seorang marketer, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah Email Blast. Email Blast adalah strategi marketing yang dimana anda mengirimkan email massal ke orang-orang dalam daftar email anda. Istilah Blast ditempelkan pada teknik ini karena email tersebut “meledak” ke dalam salah banyak orang yang ada di dalam daftar anda. Dalam teknik ini, anda biasanya mengirim sebuah email promosi, penawaran, atau bahkan informasi penting yang ingin anda sampaikan.
Kelebihan Email Blast
1️⃣ Dapat Meningkatkan Awareness
Mengirim email blast berarti anda dapat menjangkau lebih banyak orang dalam satu waktu dengan biaya yang bisa dikatakan sangat murah jika dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Setiap anime sudah menyadari betapa pentingnya hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan dalam membangun bisnis mereka. Sekalupun orang yang anda targetkan tidak langsung membeli produk anda, mereka tetap bisa mengetahui adanya produk baru dari anda, sehingga semakin luas pembacaan dan kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli.
2️⃣ Dapat Menjangkau Pembaca Loyal
Bila anda melakukan pengiriman email blast secara konsisten dengan mengirimkan konten yang berkualitas dan terfokus pada pembacaan, maka anda dapat menjangkau pembaca yang setia dan akan menjadi brand ambassador anda. Mereka yang menerima email blast anda secara berkala merasa bahwa anda peduli dan memberikan perhatian yang baik pada mereka, sehingga mereka dapat memberikan feedback product anda.
3️⃣ Tidak Mempengaruhi Engagement Organik Anda
Anda tidak perlu khawatir bahwa pengiriman email blast anda akan memengaruhi engagement organik anda. Karena email blast hanya akan diterima oleh mereka yang ingin menerima promo, sedangkan pengikut organik adalah orang-orang yang memang benar-benar peduli dengan apa yang anda tulis, sehingga email blast tidak akan menjadi saingan dengan pengikut organik anda.
4️⃣ Statistika yang Mudah Dipelajari
Saat anda mengirimkan Email Blast, anda dapat melihat statistik tentang siapa yang membuka email anda dan siapa yang mengeklik link-lin p ada email tersebut. Dengan menggabungkan data statistik tersebut dengan analisis dan pemikiran yang efektif, anda dapat memperbaiki email dan strategi anda untuk lebih efektif pada kedepannya.
5️⃣ Mudah dipelajari dan Dipraktekkan
Menjadi mudah dipelajari dan dipraktekan adalah keuntungan yang sangat besar, terutama untuk para pemula di dunia marketing digital atau yang masih belum memiliki anggaran yang cukup besar untuk membayar agensi pemasaran. Anda dapat memperkenalkan diri anda ke dalam konsep email blast dengan mudah melalui tutorial atau bahkan melalui platform video.
Kekurangan Email Blast
1️⃣ Kemungkinan Masuk Spam
Saat anda melakukan pengiriman email yang massif untuk tujuan promosi, algoritma email provider mungkin menempatkan email anda ke dalam kategori spam/percandangan/promosi/peringatan/kartu ucapan, dan tidak masuk ke kotak masuk orang yang anda masukkan dalam daftar kontak email anda. Hal yang harus anda perhatikan adalah untuk memberikan penawaran yang layak, dan mengirimkan email promotif dengan cara yang respect dan tepat, sehingga kepercayaan pelanggan tetap terjaga.
2️⃣ Email Blast Bisa Terlihat Spammy
Meski secara umum orang sudah terbiasa dan familiar dengan email blast, namun Anda harus tetap berhati-hati untuk membawa passion customers menjadi annoyance yang dapat dipicu oleh email blast yang terlalu sering, terlalu melebih-lebihkan atau tidak memberikan nilai yang signifikan bagi calon pelanggan Anda. Anda harus memastikan bahwa pesan Anda menarik perhatian para pembaca, dan dapat diandalkan dengan pesan yang ingin disampaikan.
3️⃣ Kemungkinan Tingkat Buka Sering Rendah
Biasanya, Email Blast memiliki tingkat pembukaan (open) yang sangat rendah, terutama jika email tersebut mengandung promosi langsung dengan tawaran produk. Tetapi dengan notifikasi yang efektif, timing yang tepat, Relevansi tema akan menciptakan hal yang menarik.
4️⃣ Kemungkinan Klik yang Meninggalkan Website Anda
Ada kemungkinan bahwa verbiage atau call to action yang buruk pada email blast anda akan membuat orang keluar dari website anda.
5️⃣ Kesulitan dalam Membangun Daftar Email Anda
Bagi pemula, membangun daftar Email yang efektif bisa jadi sangat membingungkan, terutama karena data email sulit untuk diakses dan terkadang memerlukan investasi dalam pengadaan tool yang cukup mahal. Dan terkadang People menjadi enggak pede saat harus membagikan email mereka secara terbuka dengan para marketer atau subscription yang diberikan tidak terlalu menarik bagi mereka.
6️⃣ Kesulitan dalam Menjaga Daftar Email Anda
Menjaga daftar email dari waktu ke waktu bisa jadi sangat sulit, terutama jika ada sobat canggih yang tidak lagi tertarik pada produk atau layanan anda, dan memilih untuk tidak menerima email blast dari anda. Anda membutuhkan pengetahuan dan waktu untuk membuat konten yang bagus, menyusun pautan ke produk anda secara efektif, dan tentunya membuat rencana kapan dan berapa banyak email yang akan dikirimkan setiap bulannya.
7️⃣ Kemungkinan Gangguan Privasi
Beberapa calon pelanggan mungkin akan enggan menerima email blast dari anda karena alasan privasi atau data pribadi mereka. Dan Beberapa undang-undang juga melarang pengiriman email yang tidak diminta, terutama bagi para pelaku bisnis yang tidak memiliki izin dari pelanggan kontak terkait.
Sobat Canggih, Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Data Ini?
URL | Deskripsi |
---|---|
https:\/\/media.sumo.com\/storyimages\/ed1d2130-a1ea-4320-b9f6-99facf6f4713 | 10 Contoh Email Blast yang Terbukti Efektif (Dengan Data Tingkat Buka dan Klik) |
https:\/\/i.ytimg.com\/vi\/g4f1NU8SfwM\/maxresdefault.jpg | Email Blast tutorial di Youtube |
https:\/\/email-unlimited.com\/images\/email-sender-awards.png | Perangkat Email Blast – Email Blaster |
https:\/\/2.bp.blogspot.com\/-GfQ0UFHKGMI\/VsGlpYOu9uI\/AAAAAAAAA-U\/MA8twCUbNgg\/s1600\/emailmarketing.jpg | Perangkat Gratis Email Blast Email Blaster ~ Email Blast Marketing |
https:\/\/lh5.googleusercontent.com\/proxy\/RyoKPxHFXJaFx0u_rY5MtEEQLnmdq6iiz16XeZnbhAxWJtWAUQjYM9tucSZwD1A-mMx1bExl0ecZ7qx0CW4jfzhTtQCPI9-haYCsS-gx5RLvDSAuyKdX=w1200-h630-p-k-no-nu | Blast Email di Outlook ~ perangkat send email yang terbaik |
Data yang terkandung pada JSON di atas adalah 5 URL yang berkaitan dengan email blast mulai dari artikel mix dengan tutorial hingga perangkat pengiriman email blast. Informasi digital marketing semakin lama semakin penting bagi bisnis di seluruh dunia dan penggunaan email blast merupakan salah satu teknik yang cukup efektif. Hanya saja, teknik ini juga memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan bagi para marketer. Ada beberapa keuntungan dan kelemahan yang harus anda ketahui tentang Email Blast.
Di artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang keuntungan dan kelemahan Email Blast yang perlu anda ketahui untuk membuat keputusan yang tepat dalam menggunakan teknik marketing ini. Kami juga akan memberikan sebuah tabel yang berisi semua informasi yang anda butuhkan tentang Email Blast, serta 10 frequently asked questions yang paling sering diajukan tentang teknik ini. Akhirnya, kami akan menulis kesimpulan dan memberikan beberapa saran yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari pengiriman email blast.
Keuntungan Email Blast
Dapat Meningkatkan Awareness
Mengirimkan Email Blast berarti anda dapat menjangkau lebih banyak orang dalam satu waktu dengan biaya yang bisa dikatakan sangat murah jika dibandingkan dengan jenis iklan lainnya. Setiap marketer sudah menyadari betapa pentingnya hubungan yang baik dengan pelanggan atau calon pelanggan dalam membangun bisnis mereka. Sekalipun orang yang anda targetkan tidak langsung membeli produk anda, mereka tetap bisa mengetahui adanya produk baru dari anda.
Setiap pembaca dari email blast tersebut memberikan potensi yang tinggi untuk menjadi pelanggan, sehingga semakin banyak orang yang anda jangkau, semakin besar peluang untuk mendapatkan calon pelanggan. Dalam beberapa kasus, anda bahkan dapat menjangkau orang-orang yang belum pernah mendengar tentang brand anda sebelumnya.
Dapat Menjangkau Pembaca Loyal
Bila anda melakukan pengiriman email blast secara konsisten dengan mengirimkan konten yang berkualitas dan terfokus pada pembacaan, maka anda dapat menjangkau pembaca yang setia dan akan menjadi brand ambassador anda. Mereka yang menerima email blast anda secara berkala merasa bahwa anda peduli dan memberikan perhatian yang baik pada mereka, sehingga mereka dapat memberikan feedback product anda.
Dalam beberapa kasus, pengiriman email blast juga dapat membantu anda untuk membangun relasi lebih erat dengan para pembaca. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk mengirimkan newsletter atau email promosi dengan cara yang membuat mereka merasa lebih dekat dengan brand anda.
Tidak Mempengaruhi Engagement Organik Anda
Anda tidak perlu khawatir bahwa pengiriman email blast anda akan memengaruhi engagement organik anda. Karena email blast hanya akan diterima oleh mereka yang ingin menerima promo, sedangkan pengikut organik adalah orang-orang yang memang benar-benar peduli dengan apa yang anda tulis, sehingga email blast tidak akan menjadi saingan dengan pengikut organik anda.
Ini adalah salah satu keuntungan terbesar dari teknik ini, karena anda dapat tetap fokus pada pengikut organik anda tanpa takut kehilangan engagement mereka.
Statistika yang Mudah Dipelajari
Saat anda mengirimkan Email Blast, anda dapat melihat statistik tentang siapa yang membuka email anda dan siapa yang mengeklik link-lin pada email tersebut. Dengan menggabungkan data statistik tersebut dengan analisis dan pemahaman yang efektif, anda dapat memperbaiki email dan strategi anda untuk lebih efektif pada kedepannya.
Dalam banyak kasus, email blast yang efektif dapat memberikan analisis yang jauh lebih efektif sehingga anda dapat membuat strategi yang lebih baik dan efektif untuk bisnis anda.
Mudah Dipelajari dan Dipraktekkan
Menjadi mudah dipelajari dan dipraktekkan adalah keuntungan yang sangat besar, terutama untuk para pemula di dunia marketing digital atau yang masih belum memiliki anggaran yang cukup besar untuk membayar agensi pemasaran. Anda dapat memperkenalkan diri anda ke dalam konsep Email Blast dengan mudah melalui tutorial atau bahkan melalui platform video.
Walaupun terkadang ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengimplementasikan Email Blast, tetapi proses menuju hasil yang lebih efektif dapat dipelajari dengan relatif mudah dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Kekurangan Email Blast
Kemungkinan Masuk Spam
Saat anda melakukan pengiriman email yang massif untuk tujuan promosi, algoritma email provider mungkin menempatkan email anda ke dalam kategori spam/percandangan/promosi/peringatan/kartu ucapan, dan tidak masuk ke kotak masuk orang yang anda masukkan dalam daftar kontak email anda. Hal yang harus anda perhatikan adalah untuk memberikan penawaran yang layak, dan mengirimkan email promotif dengan cara yang respect dan tepat, sehingga kepercayaan pelanggan tetap terjaga.
Untuk menghindari masuk dalam promosi atau spam, perlu lakukan segmentasi email terhadap pembaca yang sebelumnya sudah bergejolak dengan brand/pemilik email, dan pilihlah waktu yang tepat untuk mengirimkan Email Blast.
Email Blast Bisa Terlihat Spammy
Meski secara umum orang sudah terbiasa dan familiar dengan email blast, namun Anda harus tetap berhati-hati untuk membawa passion customers menjadi annoyance yang dapat dipicu oleh email blast yang terlalu sering, terlalu melebih-lebihkan atau tidak memberikan nilai yang signifikan bagi calon pelanggan Anda. Anda harus memastikan bahwa pesan Anda men
Prepared to optimize your backlinks for achievement? Click on this link to leverage the top-notch backlink optimization solutions on Fiverr and propel your site to greater heights of credibility and exposure!