Segala Hal Tentang Ecommerce Website
Sobat Canggih, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ecommerce website. Website ini menjadi kebutuhan penting dalam dunia bisnis modern yang semakin berkembang pesat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail mengenai segala hal tentang ecommerce website.
Apa Itu Ecommerce Website?
Ecommerce website atau yang juga dikenal dengan istilah toko online, merupakan suatu platform untuk menjual produk dan/atau jasa secara online. Seiring dengan perkembangan teknologi, ecommerce website semakin populer dikarenakan kemudahan proses transaksi serta kepraktisannya. Melalui ecommerce website, pembeli dapat melakukan pembelian dengan cara yang lebih mudah dan cepat, bahkan tanpa harus keluar rumah.
Apa Saja Kelebihan Ecommerce Website?
Kelebihan | Penjelasan |
---|---|
Menjangkau Target Market yang Lebih Luas | Dalam ecommerce, bisnis dapat menjangkau target market yang lebih luas, bahkan sampai ke seluruh dunia |
Meningkatkan Penjualan | Melalui ecommerce, bisnis memiliki peluang untuk meningkatkan penjualan produk/jasa yang ditawarkan, khususnya saat masa pandemi |
Hemat Biaya Operasional | Ecommerce website memberikan penghematan biaya operasional bisnis, termasuk biaya sewa toko fisik dan pengeluaran lainnya |
Pemantauan Bisnis Lebih Mudah | Melalui ecommerce, pemilik bisnis dapat dengan mudah memantau performa bisnis secara online, mulai dari jumlah kunjungan, konversi, hingga data pelanggan |
Mudah Dikelola | Menggunakan sistem manajemen toko online yang tepat membuat ecommerce website mudah dikelola |
Pemesanan 24 Jam | Ecommerce website dapat menerima pemesanan 24 jam sehari, yang artinya bisnis tidak mengalami batasan jam kerja |
Memperkenalkan Merek | Ecommerce website memungkinkan brand untuk memperkenalkan produknya ke pasaran yang lebih luas |
Selain memiliki banyak keuntungan, ecommerce website juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari toko online:
Apa Saja Kekurangan Ecommerce Website?
1. Kurangnya Sentuhan Pribadi
Salah satu kekurangan ecommerce website adalah tidak adanya sentuhan pribadi saat melakukan transaksi. Hal ini dapat menimbulkan kurangnya kepercayaan antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, perlu ada beberapa langkah untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan, seperti memberikan garansi dan kebijakan pengembalian uang.
2. Masalah Teknis
Ecommerce website sangat bergantung pada teknologi. Jika terjadi gangguan pada website, seperti downtime atau error, hal ini dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan nilai reputasi bisnis. Sehingga, penting untuk memiliki tim yang dapat mengatasi masalah teknis dengan cepat dan efektif.
3. Persaingan Tinggi
Ketika membuat toko online, kamu harus siap menghadapi persaingan yang ketat dengan toko online lainnya. Sebab, meskipun toko online memudahkan bisnis, namun juga mempermudah pelanggan untuk menemukan pilihan toko online lain.
4. Biaya Pengiriman
Pelanggan akan mencari toko online yang menawarkan tawaran harga produk terbaik, termasuk harga pengiriman, yang dapat menimbulkan biaya pengiriman yang mahal bagi pelanggan. Hal ini dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pelanggan membeli produk dari toko online kamu.
5. Kurangnya Pengalaman Shopping
Salah satu hal yang menarik dalam berbelanja di toko fisik adalah pengalaman shopping-nya. Hal ini tentu tidak akan didapatkan dalam belanja online. Oleh karena itu, toko online perlu menawarkan suasana berbelanja yang lebih menarik untuk menarik perhatian pelanggan.
6. Risiko Kecurangan
Transaksi online selalu mempunyai risiko kecurangan. Perlu adanya jaminan keamanan dalam setiap transaksi online yang dilakukan, sehingga pelanggan merasa nyaman untuk melakukan pembelian pada toko online kamu.
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Ecommerce?
Memulai bisnis ecommerce tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis ini, diantaranya:
1. Menentukan Niche Bisnis
Menentukan niche bisnis yang menjadi fokus usaha akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis kamu. Pilihlah niche bisnis yang memiliki potensi pasar dan kurang terpenuhi oleh toko online sejenis.
2. Membuat Website
Memiliki website menjadi suatu hal yang sangat penting dalam memulai bisnis ecommerce. Kamu harus memikirkan desain yang menarik dan juga tampilan website yang responsive agar bisa diakses dengan mudah dari berbagai perangkat.
3. Menyediakan Produk/Jasa
Menjual produk atau jasa khusus umumnya memiliki basic yang sama, yakni menyiapkan produk atau jasa yang akan dijual. Pastikan produk atau jasa yang dijual memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang diharapkan pelanggan.
4. Menentukan Harga Produk
Melalui ecommerce, kamu harus menentukan harga produk yang kompetitif dan seimbang dengan harga di pasaran. Berdasarkan beberapa penelitian, produk yang dijual dengan harga yang masuk akal biasanya akan lebih cepat menarik minat pelanggan.
5. Memilih Sistem pembayaran dan Pengiriman
Memilih sistem pembayaran dan pengiriman yang tepat merupakan langkah penting dalam ecommerce. Pastikan memilih sistem pembayaran dan pengiriman yang dapat diandalkan dan sesuai budget.
Aplikasi Administrasi dan Aplikasi Penjualan
Ada beberapa aplikasi bermanfaat yang dapat digunakan untuk mengelola bisnis ecommerce website. Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu dalam proses administrasi dan penjualan:
1. WooCommerce
WooCommerce merupakan plugin gratis yang populer digunakan untuk mengelola marketplace, toko online, maupun website e-commerce berbasis WordPress. Memiliki fitur integrasi yang sangat mudah dengan berbagai aplikasi terkait.
2. Shopify
Shopify merupakan platform ecommerce berbayar yang menyediakan solusi lengkap untuk membuat toko online. Dilengkapi dengan fitur SEO otomatis, jasa pengiriman dan metode pembayaran yang lengkap.
3. Skubana
Skubana merupakan platform manajemen inventory dan suplai yang dilengkapi dengan fitur proses pengiriman. Sehingga, dapat membantu pengelolaan stok barang secara efektif dan efisien.
4. Magento
Magento merupakan platform ecommerce open source yang memberikan kebebasan untuk mengubah dan mengupgrade fitur sesuai dengan kebutuhan. Cocok untuk perusahaan/individual dengan volume skala besar dan tinggi terutama di wilayah enterprise.
Cara Mempromosikan Ecommerce Website
Promosi bisa membantu bisnis kamu dalam mendapatkan pelanggan baru yang berpotensi menjadi pelanggan tetap. Berikut beberapa cara dalam mempromosikan ecommerce website kamu:
1. Melakukan SEO
SEO adalah suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Dengan cara ini, maka bisnis kamu akan mudah ditemukan pada halaman pertama mesin pencari.
2. Mempromosikan di Media Sosial
Media sosial adalah cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis kamuy. Buat akun di media sosial yang dapat membantu promosi bisnis, seperti Facebook, Twitter, Instagram dsb.
3. Membuat Konten Berkualitas
Konten berkualitas akan membantu dalam menarik perhatian pelanggan baru. Buatlah konten yang informatif dan menarik perhatian pelanggan potensial.
4. Menggunakan Influencer atau Endorser
Membuat kerjasama dengan influencer atau endorser yang terkenal dapat membantu meningkatkan brand awareness dan juga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu. Namun sebelum bekerja sama dengan influencer, pastikan bahwa niche mereka sesuai dengan niche bisnis kamu.
10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Tentang Ecommerce Website
1. Apakah Ecommerce Website itu sama dengan toko online?
Ya, ecommerce website juga lebih dikenal sebagai toko online yang berfungsi sebagai platform untuk menjual produk dan jasa secara online.
2. Apa perangkat yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ecommerce?
Untuk memulai bisnis ecommerce kamu membutuhkan website, aset fisik (produk atau jasa), sistem pembayaran, penyedia layanan pengiriman, dan tim yang terlatih.
3. Bisakah ecommerce website dioperasikan tanpa toko fisik?
Tentu, ecommerce website tidak memerlukan toko fisik untuk beroperasi. Namun, ada beberapa perangkat yang diwajibkan untuk memulai bisnis ecommerce.
4. Apa saja keuntungan ecommerce website?
Beberapa keuntungan ecommerce website adalah meningkatkan penjualan, pomantauan bisnis lebih mudah, hemat biaya operasional dan meningkatkan brand awareness.
5. Apa saja aplikasi administrasi dan aplikasi penjualan yang dapat digunakan untuk ecommerce website?
Beberapa aplikasi yang dapat membantu mengelola bisnis ecommerce website adalah WooCommerce, Shopify, Skubana, dan Magento.
6. Apakah toko online selalu berhasil?
Tidak selalu, bisnis ecommerce masih memiliki beberapa kekurangan seperti kurangnya sentuhan pribadi, persaingan yang ketat dan risiko kecurangan.
7. Bagaimana cara mempromosikan ecommerce website?
Beberapa cara untuk mempromosikan ecommerce website adalah dengan melaksanakan SEO, promosi di media sosial, membuat konten berkualitas dan menggunakan influencer atau endorser.
8. Apakah website ecommerce ramah mobile?
Sesuai permintaan pasar yang berubah dari desktop ke mobile, maka website ecommerce harus ramah mobile agar dapat diakses dengan mudah pada smartphone atau tablet.
9. Apa yang harus dilakukan jika terjadinteknis website?
Jangan panik, segera hubungi orang yang mengurus website dan minta untuk segera memperbaiki gangguannya.
10. Apa aspek yang menjadikan website ecommerce sukses?
Beberapa aspek yang menjadikan website ecommerce sukses adalah desain yang menarik, performa website yang baik, persediaan produk dan layanan pengiriman yang efektif serta kualitas layanan pelanggan yang baik.
Kesimpulan – Mulailah Bisnis Ecommerce Kamu Sekarang
Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, ecommerce website dapat menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis. Meskipun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, tetapi ecommerce website mempunyai potensi untuk meningkatkan nilai dan volume penjualan.
Jadi, mulai bisnis ecommerce kamu sekarang dengan mempertimbangkan nichenya secara saksama, menyediakan produk atau jasa berkualitas, memilih aplikasi penjualan dan membuat website yang ramah mobile. Selain itu, pastikan untuk mempromosikan bisnismu di berbagai media sosial dan menggunakan teknik SEO agar bisnis ecommerce kamu terus berkembang.
Kesempatan bisnis ecommerce sangatlah besar. Jangan ragu untuk menembus pasar yang lebih luas dan menjadi pengusaha sukses. Mulailah merencanakan bisnis ecommerce kamu dan buatlah sebuah kerajaan bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.
Disclaimer
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca mengenai ecommerce website. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi dan kerugian yang timbul dari penggunaan atau keputusan bisnis yang dibuat berdasarkan isi artikel ini.
Set to enhance your link profile for success? Click here to utilize the finest link optimization solutions on Fiverr and elevate your site to greater heights of authority and visibility!