Top 5 Tools Auto Dialer Software Tools for Call Centers in 2022
Salam Sobat Canggih! Apakah kamu berada dalam salah satu industri yang mengandalkan aktivitas panggilan telepon secara massal? Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah auto dialer. Auto dialer adalah teknologi yang dapat memungkinkan agen call center untuk melakukan panggilan masif dalam waktu singkat tanpa harus melakukan panggilan secara manual. Maka, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang top 5 tools auto dialer software tools in 2022 yang disertai dengan kelebihan dan kekurangannya secara detail. Yuk, simak artikel berikut ini!
Apa Itu Auto Dialer?
Auto dialer adalah software yang berfungsi untuk mempercepat panggilan telepon secara massif. Dengan menggunakan software ini, para agen call center dapat melakukan panggilan secara otomatis tanpa harus menghubungi nomor telepon secara manual. Auto dialer ini biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti voice broadcasting, penyimpanan catatan panggilan, dan fitur monitoring panggilan.
Bagaimana Cara Kerja Auto Dialer?
Auto dialer menggunakan teknologi digital untuk mempercepat panggilan telepon yang masif. Teknologi tersebut disebut dengan TDM atau time-division multiplexing. Teknologi ini berfungsi untuk mengirimkan sejumlah panggilan telepon secara otomatis dalam waktu yang singkat. Setelah panggilan terhubung, maka aliran suara akan dilakukan melalui saluran audio digital.
Kelebihan Penggunaan Auto Dialer
Auto dialer membawa banyak manfaat bagi para agen call center diantaranya :
1. Mempercepat panggilan telepon secara massif dan menjadikan pekerjaan lebih mudah.
2. Meningkatkan produktivitas kerja para agen call center.
3. Menghemat biaya karena tanpa perlu mengontrak orang untuk melakukan panggilan manual.
4. Memperoleh data yang akurat pada setiap panggilan yang telah dilakukan.
5. Mempercepat waktu untuk menangani pelanggan yang membutuhkan bantuan terkait produk atau layanan yang ditawarkan.
Kekurangan Penggunaan Auto Dialer
Meskipun banyak manfaat dari penggunaan auto dialer, terdapat beberapa kekurangan antara lain :
1. Adanya kemungkinan nomor yang dikontak bukan pelanggan target.
2. Memerlukan biaya untuk membeli atau menyewa software serta perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan software auto dialer.
3. Terdapat kesalahan input data yang dapat mempengaruhi kualitas panggilan.
4. Mengirim pesan di luar waktu kerja atau jam istirahat dapat mengganggu karyawan yang sedang tidak bekerja.
5 Top Tools Auto Dialer
Berikut adalah top 5 tools auto dialer software tools in 2022 yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih software auto dialer yang tepat.
Nama Tools Auto Dialer | Jenis Auto Dialer | Fitur Utama | Harga |
---|---|---|---|
Five9 | Cloud | Menyediakan koneksi data luar biasa cepat dan fitur integrasi dengan sistem lainnya. | Bersifat tergantung pada fitur yang diinginkan |
RingCentral | Cloud | Menyediakan fitur voice, pesan teks, dan video dalam satu platform. | Mulai dari $19.99 per user per bulan |
VanillaSoft | Cloud | Menyediakan fitur live call monitoring dan pembuatan laporan data yang cukup akurat. | Mulai dari $109 per user per bulan |
Bitrix24 | Cloud | Menyediakan fitur kontrol auto dialer, penjadwalan panggilan. | Gratis hingga $199 per bulan tergantung pada fitur yang diinginkan. |
CloudCall | Cloud | Mudah digunakan dan dapat memanggil kontak langsung dari aplikasi CRM. | Mulai dari $30 per user per bulan |
Analisa Kelebihan dan Kekurangan Tools Auto Dialer:
Sebelum memilih software auto dialer yang tepat, ada baiknya kamu memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tools auto dialer. Berikut analisa kelebihan dan kekurangan dari top 5 tools auto dialer yang telah dibahas.
1. Five9
Kelebihan :
– Memiliki fitur integrasi dengan sistem lain.
– Memiliki koneksi data yang luar biasa cepat
– Fleksibel
– Dilengkapi dengan fitur IVR (Interactive Voice Response).
Kekurangan :
– Harga relatif mahal dibandingkan dengan tools auto dialer lainnya.
– Software auto dialer ini lebih cocok untuk digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar.
2. RingCentral
Kelebihan :
– Memiliki fitur voice, pesan teks, dan video dalam satu platform.
– Mudah digunakan dan menghadirkan pengalaman yang menyenangkan.
– Dilengkapi dengan sistem cloud yang terus diupgrade.
Kekurangan :
– Harga lebih expensive dibandingkan dengan software auto dialer lainnya.
3. VanillaSoft
Kelebihan :
– Dilengkapi dengan fitur live call monitoring dan penjadwalan panggilan.
– Fitur reporting data yang cukup akurat
– Cocok digunakan untuk kalangan usaha kecil dan menengah.
Kekurangan :
– Harga yang cukup mahal.
4. Bitrix24
Kelebihan :
– Gratis untuk beberapa fitur yang tersedia.
– Dilengkapi dengan fitur kontrol auto dialer serta penjadwalan panggilan
– Mudah digunakan dan bisa digunakan dalam ukuran perusahaan yang besar atau kecil.
Kekurangan :
– Terdapat batasan pada fitur yang bersifat gratis.
5. CloudCall
Kelebihan :
– Mudah digunakan dan bisa menghubungi kontak langsung dari aplikasi CRM.
– Harga yang cukup terjangkau.
– Software ini menyediakan pengalaman yang mudah untuk pengguna.
Kekurangan :
– Dalam menggabungkan CRMs dengan CloudCall terkadang muncul masalah teknis.
FAQ
1. Apa bedanya auto dialer dengan predictive dialer?
Predictive dialer berfungsi untuk membandingkan jumlah pelanggan yang tersedia dengan jumlah agen call yang tersedia. Sedangkan auto dialer bertugas untuk mengirimkan panggilan ke pelanggan secara massal dalam waktu yang relatif singkat.
2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membeli atau menyewa software auto dialer?
Biaya tersebut bergantung pada fitur yang diinginkan dari software auto dialer.
3. Apa perbedaan antara cloud-based auto dialer dan on-premise auto dialer?
Pada cloud-based auto dialer, software tersimpan dalam cloud. Sedangkan pada on-premise auto dialer, software terinstall di server lokal.
4. Apa saja kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum memilih software auto dialer yang tepat untuk perusahaanmu?
Kriteria yang harus dipertimbangkan meliputi harga, fitur-fitur yang tersedia, keandalan serta kualitas dari tools tersebut.
5. Apa kelebihan dari penggunaan auto dialer?
Kelebihan dari penggunaan auto dialer adalah meningkatkan produktivitas, waktu panggilan yang lebih efisien, dan menghemat biaya serta tenaga.
6. Apakah nomor telepon yang digunakan untuk auto dialer harus memiliki nomor urutan yang teratur?
Tidak harus.
7. Fitur-fitur apa saja yang tersedia di dalam software auto dialer?
Biasanya auto dialer dilengkapi dengan fitur voice broadcasting, penyimpanan catatan panggilan, dan fitur monitoring panggilan.
Kesimpulan
Setelah membaca artikel ini, kamu kini telah paham tentang pengertian auto dialer, bagaimana cara kerjanya, serta top 5 tools auto dialer software tools in 2022. Pada artikel ini juga telah dibahas kelebihan dan kekurangan dari penggunaan auto dialer, analisa kelebihan dan kekurangan dari top 5 tools auto dialer yang telah dibahas. Formulasi FAQ pun telah disertakan agar kamu bisa lebih memahami seputar auto dialer. Bagi kamu yang berada dalam industri call center, kamu dapat mempertimbangkan masing-masing software tools yang dibahas dalam artikel ini. Tetap cermat dalam memilih software yang tepat sesuai kebutuhan bisnis kamu.
Kata Penutup
Demikianlah artikel tentang top 5 tools auto dialer software tools in 2022 yang diharapkan dapat menambah wawasan kamu. Artikel ini dibuat untuk tujuan informatif dan edukatif. Oleh karena itu, sebelum membeli atau menyewa software auto dialer sebaiknya kamu mempertimbangkan fitur-fitur yang dibutuhkan agar tidak salah dalam membuat keputusan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli IT jika diperlukan. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Canggih!
Prepared to improve your link profile for success? Tap here to leverage the finest backlink optimization services on Fiverr and elevate your website to new heights of credibility and exposure!