5 Rekomendasi Accounting Software untuk Bisnis Kecil dan Menengah di Malaysia
Salam Sobat Canggih!
Sebagai entrepreneur, mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis Anda, terutama Bisnis Kecil dan Menengah (UKM). Namun, melakukan akuntansi manual dengan spreadsheet kini menjadi hal yang kurang efektif dan cenderung merepotkan. Oleh karena itu, Solusi terbaik dalam mengelola keuangan bisnis Anda adalah dengan menggunakan Accounting Software. Accounting Software akan sangat membantu keuangan UKM Anda, dan dapat meningkatkan efisiensi waktu serta akurasi perhitungan pengelolaan keuangan bisnis UKM Anda.
Namun, dengan berbagai macam software yang tersedia saat ini, mungkin Anda bingung memilih software mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Kami telah merangkum 5 Accounting Software terbaik untuk UKM di Malaysia untuk membantu Anda menentukan pemilihan terbaik yang akan sesuai dengan bisnis Anda.
Kelebihan dan Kekurangan Accounting Software untuk Bisnis Kecil dan Menengah
1. Kelebihan
1.1 Meningkatkan efisiensi dan efektivitas Bisnis Anda 🔥
Dengan menggunakan software akuntansi, pengelolaan keuangan bisnis Anda akan lebih mudah. Anda dapat mengurangi kesalahan yang sering terjadi akibat manusia dengan secara langsung terintegrasi dengan rekening bank, menghasilkan laporan keuangan seketika, memungkinkan pengguna untuk berbagi data dengan mudah dan melakukan manajemen stok.
1.2 Hemat Biaya dan Waktu 📅
Accounting software dapat mengurangi waktu dan biaya operasional Anda. Pengelolaan akuntansi manual memerlukan banyak persiapan, laboratorium, dan sumber daya manusia untuk memeriksa setiap transaksi, sedangkan software dapat menghasilkan laporan keuangan seketika dengan teknologi yang lebih baik dan akurat.
1.3 Memudahkan pengelolaan dokumen keuangan Bisnis Anda 📂
Dengan Accounting Software, pengelolaan dokumen keuangan menjadi lebih mudah dan terorganisir. Semua dokumen keuangan dapat disimpan dalam satu platform yang terintegrasi dan mudah untuk diakses. Hal ini mencegah risiko kehilangan dokumen penting serta memudahkan dalam pengarsipan.
1.4 Perangkat lunak Accounting (Software) mudah digunakan dan dikostumisasi 📔
Penggunaan Accounting Software menjadi mudah dan fleksibel bagi Non Accountant (Pengguna dengan latar belakang bisnis dibawah Akuntansi). Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang akuntansi, penggunaan software ini mudah dimengerti serta dapat digunakan dengan mudah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
1.5 Mendukung Pencatatan Akuntansi dan Pengelolaan Pajak 📏
Accounting Software juga sangat membantu dalam pengelolaan pajak, mencatat transaksi akuntansi secara otomatis, dan membantu Anda merencanakan penghematan pajak.
1.6 Meningkatkan Transparansi Keuangan Bisnis Anda 🔎
Accounting Software menciptakan transparansi akuntansi dan jelasnya catatan keuangan lebih mudah diakses. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dengan pihak eksternal seperti shareholder, investor, dan pihak bank yang mungkin memerlukan data keuangan Anda.
1.7 Mendukung Keputusan bisnis yang tepat 💪
Accounting Software dapat membantu Anda meramalkan keuangan, menganalisis laporan keuangan bisnis Anda, dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi. Hal ini juga membantu Anda menjadi tahu kapan Anda harus meningkatkan taktik pemasaran dan mengetahui produk apa yang sebaiknya dioptimalkan
2. Kekurangan
2.1 Biaya Teknologi 💲
Sebagai perangkat lunak (software), Accounting Software memiliki biaya dalam penggunaan beberapa fungsi yang tidak tersedia dalam versi gratis.
2.2 Perlu pelatihan (Training) – 💻 🎓 🎘 🎞
Meskipun mudah digunakan, di beberapa saat Anda perlu mengeluarkan waktu untuk mempelajari penggunaan software akuntansi atau melakukan training training singkat yang disediakan oleh vendor/builder /developer untuk metode penggunaan Software tersebut. Ini membutuhkan waktu dan dapat memengaruhi biaya dalam penggunaan Software akuntansi
2.3 Tergantung pada koneksi internet dan Server 🔀 📰
Penggunaan software akuntansi bergantung pada koneksi internet yang stabil dan server yang baik. Apabila koneksi internet terhambat, kegiatan bisnis juga dapat terhambat dan sistem akuntansi otomatis akan mati.
2.4 Keamanan Data 🔐 🔒
Selain resiko internet dan server, data yang disimpan pada software akuntansi juga memungkinkan untuk dibobol. sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi yang benar-benar sudah teruji dan aman untuk bisnis Anda.
2.5 Bergantung pada Kemampuan (skills dan experienced) Pengelola Akuntansi 📕 🔬 📣 🤔 📸
Meskipun Accounting Software dirancang untuk mudah digunakan dan dipelajari, namun keefektifan akuntansi juga bergantung pada kemampuan pengguna dalam mengoperasikan software. Terkadang, seorang Non Akuntansi memerlukan waktu dan kesabaran yang lebih dalam belajar cara menggunakan software akuntansi.
2.6 Wajib Mendaftar untuk Menggunakan Software Aplikasi Akuntansi 📩 🎯
Seiring dengan penggunaan software pada saat ini, Anda pasti memerlukan akun pengguna untuk menggunakannya dengan maksimal. Pelanggan harus mendaftarkan email dan akunnya, dan setelah itu terkait dengan biaya atau paket pilihan Anda.
2.7 Integrasi dengan Pihak Ketiga 🔧 🔀 🔮 📀
Penggunaan software akuntansi juga mengintegrasikan jaringan, data dan kebutuhan bisnis yang berkaitan dengan perangkat rangkaian lainnya dalam, Bergantung pada software apakah mendukung integrasi ke pihak ketiga. Jadi, sebelum menggunakan silahkan pelajari sebelum dengan baik software mana yang cocok dan dapat mendukung interfacing yang sesuai dengan bisnis Anda.
5 Rekomendasi Accounting Software untuk Bisnis Kecil dan Menengah di Malaysia
Nama Software | Harga | Kelebihan | Kekurangan |
---|---|---|---|
TurboCASH | Gratis |
|
|
BS1 Accounting | Gratis / Berbayar |
|
|
Wave Accounting | Gratis |
|
|
FreshBooks Accounting | SGD 15 per bulan |
|
|
QuickBooks Online | SGD 20 per bulan |
|
|
FAQ
1. Bisakah saya menggunakan Accounting Software jika saya kurang paham tentang akuntansi?
Ya, Anda dapat menggunakan Accounting Software meskipun Anda tidak memiliki latar belakang akuntansi, kebanyakan software Accounting kini mudah ditangani dan dapat dipelajari.
2. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan accounting software?
Tidak selalu. Ada beberapa pilihan accounting software gratis dan beberapa pilihan dengan biaya berbayar sesuai dengan paket dan fungsi yang tersedia.
3. Apakah saya harus memiliki koneksi internet untuk menggunakan Accounting Software?
Ya, karena software akuntansi bergantung pada koneksi internet yang stabil dan server yang baik. Apabila koneksi internet terhambat, kegiatan bisnis juga dapat terhambat dan sistem akuntansi otomatis akan mati.
4. Apakah Accounting Software aman untuk digunakan?
Iya. Meskipun selalu ada risiko keamanan data, para vendor software akuntansi berusaha terus meningkatkan perangkat lunak mereka untuk memberikan perlindungan keamanan data pelanggannya. Namun, pastikan Anda selalu memperbarui antivirus dan menjaga kerahasiaan akun Anda untuk menjaga keamanan data Anda.
5. Apa Saja Kelebihan jika menggunakan Accounting Software ?
Accounting Software akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda, memudahkan pengelolaan dokumen keuangan bisnis Anda, meningkatkan transparansi keuangan bisnis Anda, mendukung pencatatan akuntansi dan pengelolaan pajak, dan dapat membantu Anda mengambil keputusan-keputusan bisnis yang lebih tepat.
6. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari software akuntansi?
Tidak terlalu lama, biasanya hanya akan memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung keahlian sewaktu mengoperasikan dan menggunakan software akuntansi.
7. Bagaimana cara saya memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis saya
pastikan bahwa software akuntansi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan dapat memenuhi kepastian bisnis yang Anda lakukan. Apakah software disesuaikan dengan kebutuhan Anda, biasanya Tingkat pemrosesan transaksi, kapasitas pengguna dan berapa lama history transaksi yang bisa ditampung
8. Apakah saya perlu membeli accounting software premium?
Tergantung pada kebutuhan bisnis Anda, namun pada umumnya paket premium memiliki ketersediaan fitur yang lebih lengkap dan lebih banyak, Premium juga dapat memberikan pelayanan tambahan seperti layanan telepon dan pelatihan lebih lanjut dalam penggunaan software akuntansi.
Set to optimize your link profile for achievement? Tap this link to leverage the finest backlink improvement services on Fiverr and boost your site to greater heights of credibility and visibility!